MU : Herrera Kunci Sukses Menjinakkan Liverpool

Manchester United baru saja menjalani laga yang cukup berat dan keras pada dini hari tadi. Bertandang ke kandang Liverpool dalam kondisi tim yang kurang baik jika di bandingkan tuan rumah sangat membuat pendukung setan merah merasa khawatir. Pertandingan telah usai dan hasil akhir tanpa gol satupun tercipta sepanjang 90 menit.

Jalannya pertandingan memang sangat terasa mendebarkan, seolah-olah Anfield akan menjadi kuburan bagi setan merah. Suara gemuruh penonton menyanyikan lagu You’II Never Walk Alone membuat pasukan Jose Mourinho terlihat sedikit gugup.

Meskipun laga berhasil dengan skor kacamata dan serangan silih berganti tapi pertemuan mereka kali ini tidak di warnai oleh perseteruan baik antar pemain maupun keributan di luar lapangan.

Kedu rasaksa Inggris ini bermain sangat bagus, keduanya mampu menunjukkan kelasnya sebagai tim besar dengan sejarah panjang. Manchester United yang datang dengan kondisi tidak sebaik Liverpool justru mengawali babak pertama dengan serangan=serangan berbahaya.

Ada satu pemain MU yang menjadi perhatian kamera ketika laga sedang di mainkan. Ander Herrera menjadi pemain gelandang MU yang sangat luar biasa penampilannya.

Pemain kelahiran bulan Agustus tahun 1989 itu seperti ‘siluman’ ia selalu berada pada posisi yang tepat. Ketangguhan lini tengah Man United benar-benar di tompang oleh gelandang tersebut.

Ia berada di mana-mana, terlihat para pemain the reds sangat kesulitan menerobos lapangan tengah yang di kawal dengan baik oleh Ander Herrera pada dini hari tadi.

“Dia pemain luar biasa, mampu bergerak dengan cepat dan menjaga kedalaman tim. Kami sangat kesulitan menembuh lapangan tengah dan kami tahu siapa yang menjadi dalang kesulitan kami, Herrera adalah orangnya,” jelas Roberto Firmino. Gelandang kreatif dari berpaspor Brasil itu merasakan cukup sulit harus berduel dengan Herrera.

“Mungkin ini bukan sebuah kemenangan bagi kami, tapi hasil imbang sangat pantas bagi kedua tim ini. Dan saya sangat beruntung memiliki Ander Herrera dalam tim, kali ini saya tidak salah dalam menempatkannya tepat menjadi gelandang. Kemampuannya sangat luar biasa, saya akui itu,” Jelas Jose Mourinho saat jumpa pers sesaat setelah pertandingan usai.

Kesalahan Liverpool

manchester-united

Pasukan setan merah memiliki sejumlah peluan yang gagal di konversi menjadi gol pada laga tersebut. Mereka sebenarnya mampu mengendalikan jalannya pertandingan pada babak pertama. Terlalu banyak membuang peluang menjadi salah sati faktor kegagalan the red devils dalam mencuri tiga angka di Anfield.

“Kami mendapat banyak peluang pada babak pertama. Peluang itu datang dari kejasama tim yang sangat bagus tapi sekali lagi sangat di sayangkan Pogba dan Ibrahimovic tidak mampu memanfaatkan beberapa kesalahan mereka untuk menjadi gol,” ungkap Mourinho.

Sebelum pertandingan dimulai, sempat pelatih yang memiliki julukan special one itu memberikan target menang pada laga tersebut. Tapi melihat jalannya pertandingan sepertinya sang pelatih merubah targetnya itu. Bisa dilihat pada babak kedua, praktis MU hanya melakukan serangan-serangan balik sembari menunggu para pemain Liverpool melakukan kesalahan.

Jawaban Mourinho Mengenai Babak Kedua

jose-mourinho

Babak pertama memang menjadi milik tim tamu Manchester United. Terlihat para pemain setan merah begitu nyaman dalam mempermainkan bola dari kaki ke kaki. Serangan dari sayap maupun lini tengah benar-benar sangat gencar sekali.

Rashford, Pogba dan Ibra beberapa kali mampu mengecoh pertahanan Liverpool dengan mudah, namun sekali lagi penyelesaian menjadi inti permasalah setan merah. Selalu gagal dalam menceploskan bola ke gawang Liverpool membuat tempo permainan praktis milik MU.

Mourinho merubah taktik dan strateginya. Ia merubah dari pola menyerang menjandi bertahan dan maemasukkan banyak pemain ke kotak pinalti David De Gea. Babak kedua berganti menjadi milik tuan rumah. Meskipun bertahan, MU mampu memberikan kejutan-kejutan melalui serangan balik cepat.

“Strategi kami sudah berjalan dengan baik. Hanya saya lah yang bisa menjelaskan kenapa harus merubah pola permainan. Menyerang tidak selamanya bagus, dalam pertarungan besar seperti hari ini maka di butuhkan juga sebuah permainan bertahan yang bagus,” jelas Mourinho.